KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur
Alhamdulillah mari selalu kita panjatkan kehadirat Allah Swt. Karena berkat
rahmat, taufik dan hidayahnya kami dapat menyusun buku profil MIN Bereng
Bengkel .
Penulisan buku ini
adalah bertujuan unutuk memberikan gambaran tentang keadaan dan perkembangan
MIN Bereng Bengkel sejak awal berdiri hingga sekarang .
ini diharapkan dapat meningkatkan rasatanggung jawab dan motivasi
kita terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya para pemerhati
pendidikan pada MIN Bereng Bengkel ini.
Kami menyadari bahwa dalam penulisan ini
banyak terdapat kekurangan dan kelemahan, dalam hal ini kami mohon kretik dan
saran dalam rangka perbaikan kedepan
Wassalamu’alaikum
wr. Wb.
Kalampangan, Juli 2012
Kepala MIN Bereng Bengkel
Aliansyah, S.Pd.I
DAFTAR ISI
|
|
Halaman judul ................................................................................................
Daftar isi
.........................................................................................................
Kata Pengantar
..............................................................................................
|
i
ii
iii
|
BAB I PENDAHULUAN
|
|
A. Latar
Belakang ...................................................................................
B. Visi dan
Misi ......................................................................................
C. Tujuan MIN Bereng
Bengkel .............................................................
D. Proses Keberadaan MIN
Bereng Bengkel .........................................
E. Letak MIN Bereng
Bengkel ...............................................................
F. Tujuan
Penulisan .................................................................................
|
1
2
2
2
3
4
|
BAB II PROGRAM KERJA MADRASAH
|
|
A. Kegiatan Kepala
Madtrasah ................................................................
B. Kegiatan Wakil Kepala
Madrasah .......................................................
C. Kegiatan
Guru .....................................................................................
D. Kegiatan Wali
Kelas ............................................................................
E. Kegiatan Pengelola
Perpustakaan ........................................................
F. Pelaksana Kegiatan
Keagamaan ...........................................................
G. Pelaksana Tata
Usaha ...........................................................................
H. Bendahara
Madrasah ............................................................................
I. Penjaga Madrasah
................................................................................
J. Petugas Keamanan
...............................................................................
K. Faktor-Faktor Internal dan
Eksternal ....................................................
|
5
8
12
14
14
15
15
16
16
16
16
|
BAB III INFORMASI DATA
|
|
A. Keadaan Guru dan Pegawai TU Th. 2012
..........................................
B. Keadaan siswa Th. 2010/2011 ............................................................
C. Priodesasi Kepala Madrasah
...............................................................
D. Daftar Nama Wakamad
.......................................................................
E. Daftar kordinator kegiatan Pengembangan
diri ..................................
F. Keadaan Ruang
...................................................................................
G. Latar Belakang Pendidikan Orang Tua
siawa th. 2012 /2013 ............
H. Latar Belakang Pekerjaan Orang Tua Th.
2012/2013 .........................
I.
Jumlah siswa
Data th 1996 - 2012/2013
.........................................
J.
Jumlah sdiswa Data th
2003 - 2012 ...................................................
K. Grafik perkembangan siswa dari th
1997 - 2012/2012 ......................
L. Nilai Rata-Rata Hasil Ujian
Akhir ......................................................
M. Rasio Jumlah siswa yang Lulus dan yang
Melanjutkan ......................
N. Data Prestasi siswa
..............................................................................
O. Kalender Pendidikan
...........................................................................
|
18
19
20
20
21
21
21
22
23
23
24
24
25
25
26
|
BAB IV PENUTUP
|
|
A. Kesimpulan
...........................................................................................
B. Saran-Saran
...........................................................................................
|
28
28
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah
satu priotas pembangunan dalam bidang pendidikan Nasional Indonesia adalah
peningkatan mutu pendidikan pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan.
Dengan
peningkatan mutu pendidikan diharapkan sumber daya manusia Indonesia mampu
bersaing dengan bangsa-bangsa lain di era keterbukaan beberapa tahun mendatang.
Berbagai upaya telah dilakukan untuk
mensukseskan program peningkatan mutu pendidikian nasional seperti
penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan serta peningkatan kualifikasi guru
yang berkesenambungan memperbanyak buku-buku pelajaran dan alat pendidikan
perbaikan dan peningkatan kualitasbsarana dan prasarana pendidikan.
Banyak faktor yang mempengaruhi tersendatnya
laju peningkatan mutu pendidikan, Salah satunya adalah tidak adanya visi dan
misi, program kerja Madrasah yang belum dapat dilaksanakan secara maksimal dan
lain sebagainya.
Dalam
rangka upaya melaksanakan program kerja Madrasah dengan profisional, maka perlu
adanya kerja sama berbagai pihak, sdebagaimana digariskan dakam SK Menteri
Agama Nomor 36 tanggal 24 Maret tahun 1975 tentang peningkatan mutu pendidikan
Madrasah.
Keberadaan
Madrasah telah diakui sederajat dengan sekolah umum, namun peningkatan mutu
pendidikan harus terus dilaksanakan agar dapat berkompetisi dan berprestasi
diera globalisasi dengan tetap berpegang teguh pada cirri khas agama, trampil
dan mandiri, mengingat persaingan semakin ketat ,IPTEK berkembang pesat,
peluang terbuka lebar, namun tantangan semakin berat.
Melalui
buku Profil ini MIN Bereng Bengkel mengemukakan strategi pengembangan Madrasah
melalui program kerja, visi dan misi, potensi, hambatan dan tantangan serta
berbagai permasalahan yang dihadapi, dengan harapan MIN Bereng Bengkel mampu
menjawab tantangan zaman dan dapat merespon aspirasi masyarat pada
umumnya.
B. Visi dan Misi MIN Bereng Bengkel
1. Visi :
Terbentuknya prilaku yang
Islami cerdas dan trampil
2. Misi :
a. Menciptakan suasana pembelajaran yang mendorong
terwujudnya kompetisi siswa
b. Melengkapi dan mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana
c. Meningkatkan kompetensi guru
d.
Mengefektifkan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)
e. Menciptakan lingkungan yang Islami
f. Menciptakan linkungan 5 K (
kebersihan,keindahan, keamanan,ketertiban dan
kekeluargaan.
g.Membudayakan 5 S ( salam, senyum,
sapa, sopan, santun )
h. Membekali peserta didik dengan
keterampilan yang memadai
i. Meningkatkan hubungan yang baik
dengan stakeholder
C. Tujuan MIN Bereng Bengkel
Bertolak dari visi dan misi di atas, maka tujuan yang ingin dicapai MIN
Bereng Bengkel kalampangan adalah :
- Meningkatkan program pembelajaran madrasah yang bekualitas dengan berbasis kompetensi.
- Meningkatkan hasil UASBN/UAMBN
- Meningkatkan Kompetensi Guru dan Pelaksana TU
- Meningkatkan suasana lingkungan yang Islami, bersih, sejuk, nyaman, dan indah
- Meningkatkan pemamfaatan sarana prasana secara maksimal
- Menjadikan siswa yang berakhlak mulia dan berpristasi
- Menjadikan siswa yang berdidikasi tinggi dalam melaksanakan ibadah sehari-hari
D.
Proses Keberadaan MIN Bereng Bengkel Kelurahan
Kalampangan
MIN
Bereng Bengkel merupakan penegerian dari Madrasah swasta Miftahul Jannah yang berlokasi
di Kelurahan Bereng Bengkel. Namun atas permohonan dari beberapa tokoh
agama dan masyarakat Kalampangan, mengharapkan adanya pendidikan agama yang
mayoritas penduduknya beragama Islam, dan belum adanya sekolah yang berciri
khas Islam di Desa kalampangan. Disamping itu mengingat letak MIS Miftahul Jannah jauh dari masyarakat kalampangan,
transportasi darat sulit ditempuh, terkadang harus memakai sarana air, proses
pembelajaran sering tidak terlaksana karena gedung lokasi Madrasah dilanda
banjir. Dengan demikian maka tercetuslah ide untuk menegerikan MIS Miftahul
Jannah tersebut dan berkat usaha keras serta kerjasama dari semua pihak,
sehingga pada tanggal 20 Maret 1995 MIN Bereng Bengkel disahkan berdasarkan SK
Menteri Agama RI No. 515 A Tahun 1995.
Menurut Bapak Syamsuddin ( Kepala MIN
Bereng Bengkel yang pertama) bahwa tahapan dalam rangka pendirian dan
perkembangan MIN Bereng Bengkel yang ada pada tahun 1996 adalah sebagai
berikut :
a.
Mengadakan
pertemuan dengan Kasi Binbaga Islam, pengawai PAI, Lurah kalampangan, tokoh
masyarakat dan kepala SDN 1,2 dan 3 pada tanggal 19 Juni 1996 yang bertempat di
balai Basara kelurahan Kalampangan
b.
Tempat
belajar berdasarkan hasil rapat di gedung LKMD kelurahan Kalampangan dengan
ukuran 3,5 x 6 m
c.
Meja
dan kursi pinjam dengan SDN kalampangan
d.
Jumlah murid pertama kali 5
orang pindahan dari SDN Kalampangan 1 dan 2
e.
Jumlah Guru 2 orang, yaitu Kepala
Madrasah Bpk Syamsuddin dan Guru Bpk Sabur
f.
Hari
pertama belajar tanggal 22 Juli 1996
E. Letak MIN Bereng Benngkel
MIN Bereng Bengkel beralamat di jalan
Bereng Bengkel Kelurahan Kalampangan Kota Papangka Raya kalimantan Tengah sekitar 12 Km ke arah utara
dari kota
Palangka Raya dengan batas-batas sebagai berikut :
a. Sebelah Timur, berbatasan SMA Muhammadiyah
b. Sebelah Barat, berbatasan
dengan SDN-1 kalampangan
c. Sebelah utara, berbatasan
dengan Kantor Kelurahan Kalampangan
d. Sebelah Selatan, berbatasan
dengan Gereja
F. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan
penulisan buku Profil MIN Bereng Bengkel ini adalah :
- Memberikan gambaran secara utuh tentang potensi MIN Bereng Bengkel
- Memberikan panduan bagi masyarakat dalam mencermati perkembangan MIN Bereng Bengkel
- Menumbuhkan minat dan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi meningkatkan mutu pendidikan pada MIN Bereng Bengkel
BAB II
PROGRAM
KERJA MADRASAH
A. Kegiatan
Kepala Madrasah
Kepala
Madrasah sebagai administrator harus mengorganisasikan semua sumber daya secara
efektif dan efisien sesuai dengan peraturan untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari Kepala Madrasah dibantu
oleh guru, pegawai tata usaha dan pegawai lain yang ada di bawah pembinaannya.
Agar kegiatan Kepala Madrasah dapat mencapai
sasaran secara optimal diperlukan adanya jadwal kerja kepala Madrasah yang meliputi kegiatan-kegiatan rutin harian,
mingguan, bulanan, semesteran dan
tahunan.
1.
Kegiatan Harian
a.
Memeriksa daftar hadir guru,
tenaga teknis kependidikan dan tenaga tata usaha;
b.
Mengatur dan memeriksa kegiatan
5 K di sekolah (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan);
c.
Memeriksa Rencana Program
Pengajaran guru dan persiapan lainnya yang menunjang kegiatan PBM;
d. Menyelesaikan surat-surat, menerima tamu
dan menyelenggarakan pekerjaan kantor lainnya;
e. Mengatasi hambatan-hambatan terhadap
berlangsungnya PBM;
f.
Mengatasi kasus yang
terjadi pada hari itu;
g. Memeriksa segala sesuatu menjelang sekolah
itu selesai.
2.
Kegiatan Mingguan
Disamping
kegiatan harian perlu dilaksanakan pula kegiatan mingguan sebagai berikut:
a. Upacara Bendera pada hari senin dan
hari-hari istimewa lainnya;
b. Senam Kesegaran Jasmani / menari pada hari
juma’at;
c.
Memeriksa agenda dan
menyelesaikan surat-surat;
d. Mengadakan rapat mingguan guna
membahas jalannya pelajaran dan kasus yang belum terselesaikan untuk menjadi
bahan rencana kegiatan mingguan berikutnya;
e. Memeriksa keuangan sekolah antara lain
dana DIPA,BOS,PUMK
f.
Mengatur penyediaan keperluan
perlengkapan kantor atau Madrasah.
3. Kegiatan Bulanan
·
Pada
awal bulan dilakukan kegiatan antara lain:
a. Melaksanakan kegiatan setoran dana rutin,
gaji pegawai/guru, laporan bulanan, rencana keperluan belanja bulanan;
b. Melaksanakan pemeriksaan umum terhadap antara
lain:
·
Buku kelas;
·
Daftar hadir guru;
·
Kumpulan
bahan evaluasi berikut analisanya;
·
Kumpulan Rencana Program Pembelajaran;
·
Diagram pencapaian kurikulaum
·
Diagram daya serap murid/siswa;
·
Program perbaikan dan pengayaan;
·
Buku catatan pelaksanaan BP.
c. Memberi petunjuk catatan
kepada guru-guru tentang siswa yang perlu diperhatikan, kasus yang perlu
diketahui dalam rangka pembinaan kegiatan siswa.
·
Pada
akhir bulan dilakukan kegiatan antara lain:
a.
Penutupan buku;
b.
Pertanggungjawaban keuangan;
c. Rapat dan atau evaluasi kegiatan
pembelajaran dan lain-lain.
4. Kegiatan Semester
Setiap semester
perlu dilaksanakan kegiatan antara lain sebagai berikut:
a. Menyelenggarakan perbaikan alat-alat sekolah (alat kantor, alat praktek,
gedung, pagar sekolah dan lain-lainnya sejauh yang diperlukan);
b. Menyelenggarakan pengisian
daftar induk siswa/buku induk siswa;
c.
Menyelenggarakan persiapan
evaluasi/semester;
d.
Menyelenggarakan evaluasi
kegiatan Pramuka,UKS dan ekstra kurikuler lainnya;
e.
Menyelenggarakan semesteran
termasuk kegiatan:
·
Kumpulan nilai (leger);
·
Ketetapan nilai rapor;
·
Catatan tentang siswa yang
perlu mendapatkan perhatian khusus;
·
Pengisian nilai semester;
·
Pembagian rapor;
· Pemberitahuan, pemanggilan
orang tua siswa sejauh diperlukan untuk berkonsultasi.
5. Kegiatan Akhir Tahun Ajaran
Setiap akhir tahun ajaran perlu dilaksanakan kegiatan tertentu dalam
rangka penutupan tahun ajaran sekaligus melaksanakan kegiatan persiapan untuk
tahun ajaran yang akan datang antara lain sebagai berikut:
a.
Menyelenggarakan UANBN/UAMBN/US
b. Menyelenggarakan persiapan kenaikan
kelas/tingkat yang meliputi:
·
Persiapan daftar nilai (leger);
·
Penyiapan bahan-bahan untuk
rapat guru;
·
Pengisian rapor
· Rapat akhir tahun ajaran, kenaikan kelas,
pembagian rapor, penyerahan STTB dan pelepasan lulusan.
c. Menyelenggarakan evaluasi pelaksanaan kegiatan
belajar mengajar tahun pelajaran yang
bersangkutan.
d.
Menyelenggarakan penyusunan
rencana keuangan tahun yang akan datang .
e. Menyelenggarakan penyusunan
rencana perbaikan dan pemeliharaan Madarasah dan alat bantu pendidikan.
f. Menyelenggarakan pembuatan laporan akhir
tahun ajaran.
g. Melaksanakan kegiatan penerimaan siswa
baru yang meliputi kegiatan:
·
Penyiapan formulir dan
pengumuman penerimaan siswa baru;
·
Pembentukan panitia penerimaan
dan pendaftaran;
·
Penyusunan syarat-syarat
penerimaan dan pendaftaran.
6.
Kegiatan Awal Tahun Pelajaran
Menetapkan rencana
kegiatan Madrasah pada tahun pelajaran yang meliputi:
·
Kebutuhan guru;
·
Pembagian tugas mengajar;
·
Rencana Program Pembelajaran dan jadwal
pelajran;
·
Kebutuhan
buku pelajaran, buku pegangan guru;
·
Kelengkapan
alat pelajaran dan bahan pelajaran;
·
Rapat guru.
7.
Pembinaan Karier dan Kesejahteraan Pegawai
1. Membantu guru dan pelaksana TU
memperoleh kenaikan pangkat
2. Melayani hal-hal kepegawaian
3. Mengadakan pakaian dinas
4. Mengadakan THR
5. Mengadakan tunjangan lauk pauk
6. Dan lain-lain
B .
Kegiatan Wakil Kepala Madrasah
Kegiatan Madrasah secara menyeluruh tercantum
dalam program tahunan. Untuk mencapai hasil tersebut secara optimal, Wakil Kepala
Madrasah berkewajiban untuk melakukan kegiatan yang dibagi dalam tiga tahap,
yaitu:
a.
Sebelum dan pada awal tahun
ajaran;
b. Selama tahun ajaran yang terdiri dari dua
semester;
c.
Menjelang akhir tahun ajaran
dan waktu libur sekolah.
Secara garis besar kegiatan-kegiatan Wakil Kepala Madrasah dapat
diuraikan sebagai berikut
1. Bidang Kurikulum/Pengajaran
Wakil kepala Madrasah urusan kurikulum/pengajaran mempunyai tugas
membantu kepala Madrasah dalam
kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a. Menjabarkan dan menyampaikan kalender
pendidikan kepada guru
b. Menyusun pembagian tugas guru mengajar dan
BK
c. Membuat jadwal pelajaran/mengajar
d. Menyusun dan mengatur pembagian tugas Wali
Kelas
e. Mempersiapkan dan mengatur pembuatan
program pengajaran : prosem, prota, RP, analisa hasil evaluasi, pengayaan,
perbaikan dan perangkat pembelajaran lainnya
f. Mengatur pelaksanaan kegiatan MGMP guru
serumpun dan anggota KKM/KKG
g. Mengatur penyusunan kisi-kisi dan
soal-soal tes sumatif
h. Mengumpulkan/mempersiapkan soal-soal tes
sumatif dan UAM/UAS
i.
Mengatur
pelaksanaan tes sumatif
j. Mengatur
pelaksanaan supervisi kelas oleh Kepala Madrasah dan atau guru senior/pengawas
k. Mengatur pengisian dan pembagian raport
(Laporan Pendidikan) dan kenaikan kelas
l. Mengatur
pelaksanaan penambahan pembagian jam belajar untuk siswa terhadap mata
pelajaran yang dianggap sulit
m. Melengkapi buku-buku peganggan guru dan
menentukan pegangan buku-buku paket/wajib untuk siswa
n. Mempersiapkan alat tulis untuk keperluan
pelaksanaan pembelajaran (kepentingan guru dan kelas)
o. Membuat dan memperbanyak : jurnal kelas,
buku leger, buku prestasi, daftar nilai, absen siswa dan data kelas
p. Mengatur pelaksanaan membagian guru piket
q. Mengatur pelaksanaan rapat dewan
guru/koordinasi
r.
Menginventarisir
guru/guru yang mengikuti pelatihan/penataran
s. Melaksanakan tugas-tugas lain yang erat
kaitannya dengan kurikulum/pengjaran
t.
Sewaktu-waktu
mewakili Kepala Madrasah, bila Kepala Madrasah berhalangan
u. Menyampaikan laporan pelaksankaan tugasnya
kepada Kepala Madrasah.
2. Bidang Kesiswaan
Wakil Kepala Madrasah urusan/bidang kesiswaan mempunyai tugas
membantu Kepala Madrasah
dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a. Bekerja sama dengan Pelaksana TU
mempersiapkan dan mengatur penerimaan siswa baru setiap awal tahun pelajaran
baru
b. Mengatur pelaksanaan Masa
Orientasi/wawancara dengan orang tua siswa baru
c. Mengarahkan dan mengendalikan siswa dalam
menegakkan disiplin dan tata
tertib siswa
d. Mengatur pembinaan siswa meliputi : kepramukaan,
UKS, LCT, olah raga, kesenian, upacara bendera dan SKJ
e. Bekerjasama dengan bagian Humas mengatur
pelaksanaan kegiatan keagamaan, hari-hari besar Islam, Nasional dan perpisahan
siswa
f. Mempersiapkan/mengatur personil/petugas
apel senin bagi siswa
g. Mengatur pelaksanaan 6 K (Keamanan,
Ketertiban, Kebersihan, Keindahan, Kerindangan dan Kekeluargaan)
h. Mengkoordinir kerja bakti siswa
i.
Menyampaikan
pengumuman/edaran kepada siswa
j.
Mengatur
pemilihan siswa teladan
k. Menyeleksi calon siswa penerima bea siswa
l.
Melaksanakan
berbagai kegiatan/lomba/pertandingan antar
kelas/siswa
m. Membuat dan mengisi jurnal kegiatan siswa
n. Melaksanakan tugas lain yang erat
kaitannya dengan tugas kesiswaan
o. Sewaktu-waktu mewakili Kepala Madrasah,
bila Kepala Madrasah berhalangan
p. Menyampaikan laporan terhadap pelaksanaan
tugasnya kepada Kepala Madrasah
3.
Bidang Hubungan Masyarakat
Bidang ini bertugas membantu Kepala Madrasah dalam kegiatan sebagai
berikut :
a. Menyampaikan pengumuman/edaran kepada
guru-guru dan siswa
b. Mengkoordinir/menyusun petugas pembina
upacara pada upacara apel senin bersama wakabid kesiswaan
c. Mempersiapkan sarana/alat perlengkapan
upacara apel senin bersama wakabid sarana prasarana
d. Membantu mengatasi/memberikan informasi
pelaksanaan tata terib guru dan absen hadir guru
e. Membina/menjalin hubungan baik dengan
Komite Sekolah/orang tua murid dan masyarakat
f. Membina/menjalin hubungan baik antara
madrasah dengan sekolah-sekolah lain dan dinas instansi
g. Mempersiapkan keikutsertaan dalam kegiatan
lomba madrasah
h. Melaksanakan bakti sosial dan karya wisata
i.
Menggalakkan
Sumpa berlian (Sabtu bersih lingkungan)
j.
Melaksanakan
pameran hasil pendidikan, ketrampilan madrasah
k. Melaksanakan penerbitan brosur, pamflet,
mading dan lain-lain
l.
Menyebarluaskan
informasi yang diterima di bidang pendidikan dan pengelolaan madrasah
m. Mengatur/melaksanakan praktek ibadah,
kultum, majlis ta’lim, MTQ, Syarhil Qur’an dan kaligrafi
n.
Merencanakan study tour/study
banding ke sekolah yang bonafid/model
o. Memberikan informasi kepada masyrakat
dalam rangka meningkatkan citra MIN di masyarakat
p. Melaksanakan tugas lain yang erat
kaitannya dengan tugas kehumasan
q. Sewaktu-waktu mewakili Kepala Madarasah,
bila Kepala Madrasah berhalangan
r.
Bekerjasama
dengan Instansi terkait dalam kegiatan peringatan HUT RI
s. Merencanakan kegiatan peringatan HUT MIN
Bereng Bengkel tanggal 25 Nopember yang akan datang dan seterusnya
t.
Menyampaikan
laporan terhadap pelaksanaan tugas kepada Kepala Madrasah.
4. Bidang Sarana dan Prasarana
Wakil
Kepala Madrasah Urusan Sarana dan Prasarana mempunyai tugas membantu Kepala
Madrasah dalam kegiatan – kegiatan sebagai berikut :
Madrasah dalam kegiatan – kegiatan sebagai berikut :
a. Bekerja sama dengan Pelaksana TU
merencanakan sarana dan prasarana kantor/alat pelajaran
b. Mempersiapkan papan data sekolah yang
perlu didindingkan
c. Menginventarisir peralatan/alat pelajaran
yang perlu diperbaharui/diperbaiki
d. Mengelola alat-alat pelajaran
e. Mengelola perawatan, perbaikan dan
pengawasan terhadap sarana/prasarana yang ada
f. Membuat jurnal dan kapling kerja bakti per
kelas
g. Mengusahakan tersedianya peralatan kerja
bakti, buku catatan inventaris peralatan dan
pemeliharaannya
pemeliharaannya
h. Mengadakan pengawasan terhadap pelaksanaan
kebersihan dan keindahan halaman, ruang kelas,
ruang guru dan lain-lain
ruang guru dan lain-lain
i.
Mengatur
taman sekolah dan tata keindahan lingkungan madrasah
j. Mengatur
pemeliharaan barang/penangung jawab barang diruang guru, mushalla, UKS,
Pramuka,
Laboratorium dan lain-lain
Laboratorium dan lain-lain
k. Mendayagunakan/mengtur ruang guru, ruang
laboratorium, perpustakaan, UKS, Pramuka dan
lain-lain
lain-lain
l.
Melaksanakan
tugas lainnya yang erat kaitannya dengan tugas sarana/prasarana
m. Sewaktu-waktu mewakili Kepala Madrsah,
bila Kepala Madrasah berhalangan
n.
Menyampaikan laporan
terhadap pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Madrasah
C. Kegiatan Guru
a.
Membuat program pengajaran(rencana
kegiatan belajar mengajar semester/tahunan dll);
b.
Melaksanakan kegiatan belajar
mengajar;
c.
Melaksanakan kegiatan penilaian
belajar (semester/tahunan);
d. Mengadakan pengembangan setiap bidang
pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya;
e.
Meneliti daftar hadir siswa
sebelum memulai pelajaran;
f. Membuat dan menyusun lembar
kerja (job sheet) untuk mata pelajaran yang memerlukan lembar
kerja;
kerja;
g.
Membuat catatan tentang
kemajuan hasil belajar masing–masing siswa;
h.
Mengatur kebersihan ruang
tempat praktek, pengembalian alat pinjaman, pemeliharaaan dan
keamanan sarana praktek;
keamanan sarana praktek;
i.
Memeriksa apakah siswa sudah
faham benar akan cara penggunaan masing – masing peralatannya
untuk menghindari terjadinya kerusakan dan kecelakaan;
untuk menghindari terjadinya kerusakan dan kecelakaan;
j.
Mengadakan pemeriksaan,
pemeliharaan dan pengawasan kebersihan masing – masing kelas dan alat-
alat praktek lainnya pada setiap akhir pelajaran.
alat praktek lainnya pada setiap akhir pelajaran.
Disamping tugas pokok
tersebut, guru yang ditunjuk Kepala Sekolah untuk membantu dalam pengelolaan dan penyelenggaraan
pendidikan di sekolah, sebagai berikut :
D. Kegiatan Wali Kelas
Wali
Kelas membantu Kepala Madrasah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a. Penyelenggaraan administrasi kelas yang
meliputi :
·
denah tempat duduk siswa;
·
papan absensi siswa;
·
daftar pelajaran kelas;
·
daftar piket kelas;
·
buku absensi siswa;
·
buku kegiatan belajar mengajar;
b. Menjaga dan mengupayakan kelancaran proses
belajar mengajar di kelas.
c. Mengisi buku absensi siswa/daftar hadir,
jurnal kelas, buku raport, buku nilai (leger), catatan harian dan catatan
peristiwa (kegiatan siswa).
d. Mengadakan/mengatur ketertiban dan
keindahan serta memelihara kebersihan ruangan/halaman kelas (baik
didalam/diluar kelas sesuai batas kelas masing-masing dalam rangka mewujudkan 5
K).
e. Mengkoordinasikan kegiatan siswa (intra
maupun ekstra kurikuler), membentuk kepengurusan kelas, piket, kebersihan dan
kelompok belajar dalam rangka peningkatan prestasi siswa.
f. Mengadakan bimbingan dan penyuluhan
(bertindak sebagai konselor) terhadap siswanya dalam membantu / memotivasi
siswa guna meningkatkan dan
mengembangkan kesanggupan belajar seoptimal mungkin.
g. Turut mengatasi siswa yang bermasalah dan
berupaya mencarikan jalan keluarnya (solusinya) serta menjalin hubungan baik
sesama guru dan orang tua/wali siswa.
h. Menyalurkan bakat dan minat serta
kreativitas siswa yang positif untuk dibina dan
dikembangkan.
dikembangkan.
i. Melaksanakan tugas lain yang diberikan
Kepala Madrasah.
j. Penyusunan/pembuatan statistik bulanan siswa
k.
Mengisi daftar nilai siswa
l.
Pengisian buku laporan pendidikan ( rapotr );
m. Pembagian
buku laporan pendidikan ( rapotr ).
n. Secara berkala melaporkan hasil kegiatannya (pelaksanaan tugasnya) kepada Kepala Madrasah.
n. Secara berkala melaporkan hasil kegiatannya (pelaksanaan tugasnya) kepada Kepala Madrasah.
E. Kegiatan Pengelola Perpustakaan Madrasah
Pelaksana perpustakaan Maadrasah membantu kepala madrasah dalam
kegiatan-kegiatan:
a. Inventarisasi sarana perpustakaan yang
ada;
b.
Menyiapkan ruang baca
perpustakaan;
c.
Melaksanakan penerimaan anggota
perpustakaan;
d.
Membuat Kartu Anggota perpustakaan;
e. Membuka dan memberikan pelayanan yang
terprogram secara berkesinambungan;
f. Mengusahakan dengan optimal guna menarik
minat/perhatian siswa dalam menjadikan perpustakaan sebagai alternatif kegiatan
belajar siswa di madrasah;
g. Memperhatikan dan mengatur sarana
perpustakaan dengan baik;
h. Pengawasan dalam setiap pelayanan dengan
baik;
i.
Membuat
usulan kepada Kepala Sekolah dan mengusahakan pengadaan buku perpustakaan;
j.
Menindaklanjuti
setiap buku perpustakaan yang hilang/rusak dengan bijaksana;
k. Mengadakan penilaian terhadap anggota
perpustakaan sekolah terbaik dalam setiap semester;
l. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan sekolah secara berkala kepada Kepala Madrasah.
l. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan sekolah secara berkala kepada Kepala Madrasah.
F. Pelaksana Kegiatan Keagamaan /
Urusan PHBI
Urusan PHBI/Keagamaan bertugas membantu Kepala Madrasah dalam melaksanakan kegiatan
kegiatan:
a. Menyusun program kegiatan praktek keagamaan/ibadah siswa;
b. Membuat rencana program kegiatan pada hari-hari besar Islam di madrasah;
c. Melaksanakan program kegiatan keagamaan pada hari-hari besar Islam sesuai dengan situasi dan
kondisi madrasah;
d. Bertanggung jawab dalam setiap kegiatan praktek ibadah/keagamaan termasuk pada hari-hari
besar Islam lainnya;
e. Dalam menetapkan kegiatan didasari koordinasi yang baik sehingga semua unsur yang terkait
merasa ikut bertanggung jawab;
f. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan keagamaan dengan baik secara berkala.
Urusan PHBI/Keagamaan bertugas membantu Kepala Madrasah dalam melaksanakan kegiatan
kegiatan:
a. Menyusun program kegiatan praktek keagamaan/ibadah siswa;
b. Membuat rencana program kegiatan pada hari-hari besar Islam di madrasah;
c. Melaksanakan program kegiatan keagamaan pada hari-hari besar Islam sesuai dengan situasi dan
kondisi madrasah;
d. Bertanggung jawab dalam setiap kegiatan praktek ibadah/keagamaan termasuk pada hari-hari
besar Islam lainnya;
e. Dalam menetapkan kegiatan didasari koordinasi yang baik sehingga semua unsur yang terkait
merasa ikut bertanggung jawab;
f. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan keagamaan dengan baik secara berkala.
G. Pelaksana Tata Usaha Madrasah
a. Menyusun program tata usaha madrasah
b. Pengurusan pegawai dan surat menyurat
c. Mengangginda surat masuk dan keluar
d. Mengarsipkan surat masuk dan keluar
e. Penyusunan dan penyajian data/statistik Madrasah
f. Penyusunan laporan bulanan kepada pihak terkait
g. Membuat dan mengirim surat menyurat
h. Membantu kepala Madrasah dalam menyelesaikan administrasi Madrasah
a. Menyusun program tata usaha madrasah
b. Pengurusan pegawai dan surat menyurat
c. Mengangginda surat masuk dan keluar
d. Mengarsipkan surat masuk dan keluar
e. Penyusunan dan penyajian data/statistik Madrasah
f. Penyusunan laporan bulanan kepada pihak terkait
g. Membuat dan mengirim surat menyurat
h. Membantu kepala Madrasah dalam menyelesaikan administrasi Madrasah
H. Bendahara Madrasah
Bendahara Madrasah membantu Kepala
Madrasah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a.
Menerima Dana Bantuan
Operasional pendidikan dari pemerintah
b. Menyimpan dan mengamankan uang madrasah;
c. Mengeluarkan uang sekolah untuk keperluan
madrasah seperti membayar gaji/ Honor Guru /
Pegawai, biaya keperluan perlengkapan opersional pendidikan, keperluan sarana prasarana dll,
melalui persetujuan kepala Madrasah/Ketua Komite Madrasah.
Pegawai, biaya keperluan perlengkapan opersional pendidikan, keperluan sarana prasarana dll,
melalui persetujuan kepala Madrasah/Ketua Komite Madrasah.
d. Membuat laporan keuangan secara berkala
(bulanan,triwulan )
e. Membuat pertanggungjawaban keuangan
Madrasah pada akhir tahun pelajaran
I. Penjaga Madrasah
a. Membuka dan menutup pintu serta
membersihkan ruang kantor, ruang kelas dan lain-lain
b. Membantu Kepala Madrasah, Guru dan Pelaksana
TU bila diperlukan
J. Petugas keamanan ( Satpam )
a. Menjaga keamanan, ketertiban,kebersihan, keindahan lingkungan Madrasah
b. Membantu Kepala Madrasah, Guru dan TU
bila diperlukan
c. Membantu setiap kegiatan Madrasah
K. Faktor-Faktor Internal dan Eksternal
1. Faktor Internal
Kekuatan :
a. Lokasi Madrasah sangat strategis, karena berada di tengah pemukiman penduduk
b. Sarana prasarana cukup memadai
c. Ketenagaan cukup dan memenuhi kualifikasi pendidikan
d. Mempunyai dukungan dari pihak komite/orang tua siswa dan masyarakat sekitar.
e. Dana operasional dan pemeliharaan gedung cukup mamadai.
1. Faktor Internal
Kekuatan :
a. Lokasi Madrasah sangat strategis, karena berada di tengah pemukiman penduduk
b. Sarana prasarana cukup memadai
c. Ketenagaan cukup dan memenuhi kualifikasi pendidikan
d. Mempunyai dukungan dari pihak komite/orang tua siswa dan masyarakat sekitar.
e. Dana operasional dan pemeliharaan gedung cukup mamadai.
Kelemahan
:
a. Status
tanah masih pinjam
b. Belum adanya pagar pengaman
c.
Tenaga Guru masih ada
yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya
d. Disiplin dan transparansi kerja sebagian
tenaga pendidik masih kurang.
2. Faktor Eksternal
Peluang
a.
Lulusan RA/TK cukup banyak
b. Dukungan Pemerintah dan masyarakat sekitar
cukup baik
c.
Pelatihan dan pendidikan untuk
tenaga guru dan TU sangat terbuka
d.
Biaya Operasional Penddidikan
Cukup mamadai
Ancaman
a. Letak MIN Bereng Bengkel berseberangan
dengan SDN , sehingga kompetisi sangat ketat
b. Sebagian
masyarakat beranggapan bahwa pelajaran
di madrasah terlalu sulit,sehingga mereka
enggan menyekolahkan anaknya di MIN Bereng Bengkel.
enggan menyekolahkan anaknya di MIN Bereng Bengkel.
c.
Kesetaraan MI dengan SD belum
dipahami oleh masyarakat secara merata
BAB III
INFORMASI DATA
A. KEADAAN
GURU DAN PEGAWAI TATA USAHA TAHUN 2012/2013
No.
|
Nama/NIP
|
Gol. Ruang
|
Negeri/ Honorer
|
Jabatan/ Mata Pelajaran yang diajarkan
|
Ijazah terakhir
|
TMT bertugas di Madrasah
|
Ket.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
|
Aliansyah, S.Pd.I
19641114 198703 1
001
Tugimah, S.Pd.I
19670914 199703 2
003
H. Rafi’i, S.Ag
19761121 200501 1
004
Rahmadi Effendi,S.Pd.I
19730314 199903 1
002
Ernawati, S.Ag
19751014 200901 2 001
Nurhasanah, A.Ma
19790205 200212 2 002
Arbainah, A.Ma
19780617 200312 2 005
M. Taufik Aidi, A.Ma
19751206 200501 1 007
Khairun Nasihin, A.Ma
19720725
200701 1 034
Eko Permadi, A.Ma
19780228 200710 1
004
Pardiansyah, A.Ma
19820605
200710 1 001
M. Suhaimi, A.Ma
19820527 200710
1 004
Melly Astuti
19790606 200710 2 008
Imam Sholehin, S.Ag
19720401
200804 1 024
Ida Rosidah, S.Pd
19811104 200501 2 005
St. Misbah, S.Pd.I
M.Husaini,
S.Pd
Misiyati, S.Pd
Khoirotul
Laila, S.Pd.I
Rudy Heriyanto,
A.Ma
Hariadi
-
Kadar
|
IV/a
III/d
III/c
III/a
III/a
III/a
III/b
II/d
III/a
II/b
II/b
II/b
II/b
III/a
III/a
-
II/b
-
-
II/b
-
-
|
Negeri
Negeri
Negeri
Negeri
Negeri
Negeri
Negeri
Negeri
Negeri
Negeri
Negeri
Negeri
Negeri
Negeri
Negeri
Honorer
Negeri
Honorer
Honorer
Negeri
Honorer
Honorer
|
Kepala / Q.Hadits
Guru
kelas II
Wakamad
Pengajaran
Guru Fiqih, PPI
Guru
Matematika
Bendahara Rutin
Wali
Kelas I
Wali
Kelas I
Wali
kelas II
Wali Kelas I B/B.Ind, PKn, SBK, dll
.
Wali Kelas III/b
Guru/IPA, B.Ind, Fiqih.
Wakamad Kesiswaan
Guru
PKn
Wali Kelas IV/ Bhs Arab
Qur’an
Hadits
Guru
Akidah Akhlak,
PPI dan
BTA
Wali
Kelas I a
Wali
kelas III/a
Guru
Penjaskes
Wali
kelas IV/a
Guru
IPS
Guru
Kelas I
Pelaksana
TU
Guru Kelas II
Guru
Bhs. Inggris
Guru
Bahasa Indonesia
Satpam
Penjaga Sekolah
|
S-1 STAIN
D-2 IAIN
D-2 IAIN
S- 1 STAIN
S-1 STAIN
D-2
STAIN
D-2 STAIN
S-1 UMP
D-2 IAIN
S-1 UNPAR
D-2 STAIN
D-2 STAIN
S-1 UNPAR
S-1 STAIN
S-1 UMP
S-1 STAIN
S-1 UNPAR
S-1 STAIN
S-1 STAIN
S-1 STAIN
SMA
SMA
|
08-01-2008
01-03-1997
20-06-2007
02-01-2009
01-05-2006
01-06-2003
01-03-2004
01-04-2005
01-02-2009
01-07-2009
01-03-2004
01-09-2004
01-10-2009
01-03-2010
01-04-2005
15-07-2006
01-08-2009
02-07-2006
01-11-2010
01-12-2009
01-01-2005
01-01-2005
|
B. KEADAAN
SISWA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
No.
|
Kelas
|
Kelompok Belajar
|
Siswa Bulan Lalu
|
Mutasi
|
Siswa Bulan Ini
|
|||||||||
Masuk
|
Keluar
|
|||||||||||||
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
Lk
|
Pr
|
Jml
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
I
II
III
IV
V
VI
|
2
1
2
2
2
1
|
29
14
28
21
11
16
|
25
20
25
19
8
10
|
54
34
53
40
19
26
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
|
29
14
28
21
11
16
|
25
20
25
19
8
10
|
54
34
53
40
19
26
|
-
|
-
|
9
|
119
|
107
|
226
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
119
|
107
|
226
|
C. PERIODESASI KEPALA MIN BERENG BENGKEL
Matap Ada Pendekarnya Punk Di MIN Kalampangan ,,,, Abang Usani dan Abang Rusmadi
BalasHapus