Profil

KATA PENGANTAR



Assalamu’alaikum   Wr.   Wb.

          Puji syukur Alhamdulillah mari selalu kita panjatkan kehadirat Allah Swt. Karena berkat rahmat, taufik dan hidayahnya kami dapat menyusun buku profil MIN Bereng Bengkel .
         Penulisan buku ini adalah bertujuan unutuk memberikan gambaran tentang keadaan dan perkembangan MIN Bereng Bengkel sejak awal berdiri hingga sekarang .
ini diharapkan dapat meningkatkan rasatanggung jawab dan motivasi kita terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya para pemerhati pendidikan pada MIN Bereng Bengkel ini.
          Kami menyadari bahwa dalam penulisan ini banyak terdapat kekurangan dan kelemahan, dalam hal ini kami mohon kretik dan saran dalam rangka perbaikan kedepan

Wassalamu’alaikum   wr.   Wb.


                                                                     Kalampangan,          Juli  2012
                                                                     Kepala MIN Bereng Bengkel


                                                                     
                                                                     Aliansyah, S.Pd.I
                                                                     NIP.19641114 198703 1 001






DAFTAR ISI

Halaman judul   ................................................................................................
Daftar isi   .........................................................................................................
Kata Pengantar    ..............................................................................................
i
ii
iii

BAB   I   PENDAHULUAN   



A. Latar Belakang   ...................................................................................
B. Visi dan Misi   ......................................................................................
C. Tujuan MIN Bereng Bengkel   .............................................................
D. Proses Keberadaan MIN Bereng Bengkel   .........................................
E. Letak MIN Bereng Bengkel   ...............................................................
F. Tujuan Penulisan   .................................................................................


1
2
2
2
3
4

BAB II  PROGRAM KERJA MADRASAH
 


A. Kegiatan Kepala Madtrasah   ................................................................
B. Kegiatan Wakil Kepala Madrasah   .......................................................
C. Kegiatan Guru   .....................................................................................
D. Kegiatan Wali Kelas   ............................................................................
E. Kegiatan Pengelola Perpustakaan   ........................................................
F. Pelaksana Kegiatan Keagamaan   ...........................................................
G. Pelaksana Tata Usaha   ...........................................................................
H. Bendahara Madrasah   ............................................................................
I.   Penjaga Madrasah   ................................................................................
J.   Petugas Keamanan   ...............................................................................
K. Faktor-Faktor Internal dan Eksternal   ....................................................


5
8
12
14
14
15
15
16
16
16
16

BAB III INFORMASI DATA



A.    Keadaan Guru dan Pegawai TU Th. 2012   ..........................................
B.     Keadaan siswa Th. 2010/2011   ............................................................
C.     Priodesasi Kepala Madrasah   ...............................................................
D.    Daftar Nama Wakamad   .......................................................................
E.     Daftar kordinator kegiatan Pengembangan diri   ..................................
F.      Keadaan Ruang   ...................................................................................
G.    Latar Belakang Pendidikan Orang Tua siawa th. 2012 /2013    ............
H.    Latar Belakang Pekerjaan Orang Tua Th. 2012/2013   .........................
I.       Jumlah siswa   Data th 1996  -  2012/2013   .........................................
J.       Jumlah sdiswa Data th 2003  -  2012  ...................................................
K.    Grafik perkembangan siswa dari th 1997  -  2012/2012  ......................
L.     Nilai Rata-Rata Hasil Ujian Akhir   ......................................................
M.   Rasio Jumlah siswa yang Lulus dan yang Melanjutkan   ......................
N.    Data Prestasi siswa   ..............................................................................
O.    Kalender Pendidikan   ...........................................................................


18
19
20
20
21
21
21
22
23
23
24
24
25
25
26

BAB IV  PENUTUP


A. Kesimpulan   ...........................................................................................
B. Saran-Saran   ...........................................................................................

28
28




BAB   I

                                                                  PENDAHULUAN           

A. Latar Belakang

         Salah satu priotas pembangunan dalam bidang pendidikan Nasional Indonesia adalah peningkatan mutu pendidikan pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan.
         Dengan peningkatan mutu pendidikan diharapkan sumber daya manusia Indonesia mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di era keterbukaan beberapa tahun mendatang.
            Berbagai upaya telah dilakukan untuk mensukseskan program peningkatan mutu pendidikian nasional seperti penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan serta peningkatan kualifikasi guru yang berkesenambungan memperbanyak buku-buku pelajaran dan alat pendidikan perbaikan dan peningkatan kualitasbsarana dan prasarana pendidikan.
       Banyak faktor yang mempengaruhi tersendatnya laju peningkatan mutu pendidikan, Salah satunya adalah tidak adanya visi dan misi, program kerja Madrasah yang belum dapat dilaksanakan secara maksimal dan lain sebagainya.
         Dalam rangka upaya melaksanakan program kerja Madrasah dengan profisional, maka perlu adanya kerja sama berbagai pihak, sdebagaimana digariskan dakam SK Menteri Agama Nomor 36 tanggal 24 Maret tahun 1975 tentang peningkatan mutu pendidikan Madrasah.
     Keberadaan Madrasah telah diakui sederajat dengan sekolah umum, namun peningkatan mutu pendidikan harus terus dilaksanakan agar dapat berkompetisi dan berprestasi diera globalisasi dengan tetap berpegang teguh pada cirri khas agama, trampil dan mandiri, mengingat persaingan semakin ketat ,IPTEK berkembang pesat, peluang terbuka lebar, namun tantangan semakin berat.
         Melalui buku Profil ini MIN Bereng Bengkel mengemukakan strategi pengembangan Madrasah melalui program kerja, visi dan misi, potensi, hambatan dan tantangan serta berbagai permasalahan yang dihadapi, dengan harapan MIN Bereng Bengkel mampu menjawab tantangan zaman dan dapat merespon aspirasi masyarat pada umumnya.




B.  Visi dan Misi MIN Bereng Bengkel
1.   Visi   :
Terbentuknya prilaku yang Islami cerdas dan trampil
2.  Misi   :
a. Menciptakan suasana pembelajaran yang mendorong terwujudnya kompetisi siswa
b. Melengkapi dan mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana
c. Meningkatkan kompetensi guru
      d. Mengefektifkan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)
e. Menciptakan lingkungan yang Islami
f. Menciptakan linkungan 5 K ( kebersihan,keindahan, keamanan,ketertiban dan
   kekeluargaan.
g.Membudayakan 5 S ( salam, senyum, sapa, sopan, santun )
h. Membekali peserta didik dengan keterampilan yang memadai
i. Meningkatkan hubungan yang baik dengan stakeholder

C.  Tujuan MIN Bereng Bengkel
            Bertolak dari visi dan misi  di atas, maka tujuan yang ingin dicapai MIN Bereng Bengkel kalampangan adalah   :
  1. Meningkatkan program pembelajaran madrasah yang bekualitas dengan berbasis kompetensi.
  2. Meningkatkan hasil UASBN/UAMBN
  3. Meningkatkan Kompetensi Guru dan Pelaksana TU
  4. Meningkatkan suasana lingkungan yang Islami, bersih,  sejuk, nyaman,  dan indah
  5. Meningkatkan pemamfaatan sarana prasana secara maksimal
  6. Menjadikan siswa yang berakhlak mulia dan berpristasi
  7. Menjadikan siswa yang berdidikasi tinggi dalam melaksanakan ibadah sehari-hari
D.    Proses Keberadaan MIN Bereng Bengkel Kelurahan  Kalampangan
         MIN Bereng Bengkel merupakan penegerian dari Madrasah swasta Miftahul Jannah yang berlokasi  di Kelurahan Bereng Bengkel. Namun atas permohonan dari beberapa tokoh agama dan masyarakat Kalampangan, mengharapkan adanya pendidikan agama yang mayoritas penduduknya beragama Islam, dan belum adanya sekolah yang berciri khas Islam di Desa kalampangan. Disamping itu mengingat letak MIS  Miftahul Jannah jauh dari masyarakat kalampangan, transportasi darat sulit ditempuh, terkadang harus memakai sarana air, proses pembelajaran sering tidak terlaksana karena gedung lokasi Madrasah dilanda banjir. Dengan demikian maka tercetuslah ide untuk menegerikan MIS Miftahul Jannah tersebut dan berkat usaha keras serta kerjasama dari semua pihak, sehingga pada tanggal 20 Maret 1995 MIN Bereng Bengkel disahkan berdasarkan SK Menteri Agama RI  No. 515 A Tahun 1995.
         Menurut Bapak Syamsuddin ( Kepala MIN Bereng Bengkel yang pertama) bahwa tahapan dalam rangka pendirian dan perkembangan MIN Bereng Bengkel yang ada pada tahun 1996 adalah sebagai berikut   :
a.             Mengadakan pertemuan dengan Kasi Binbaga Islam, pengawai PAI, Lurah kalampangan, tokoh masyarakat dan kepala SDN 1,2 dan 3 pada tanggal 19 Juni 1996 yang bertempat di balai Basara kelurahan Kalampangan 
b.            Tempat belajar berdasarkan hasil rapat di gedung LKMD kelurahan Kalampangan dengan ukuran 3,5 x 6 m
c.             Meja dan kursi pinjam dengan SDN kalampangan
d.            Jumlah murid pertama kali 5 orang pindahan dari SDN Kalampangan 1 dan 2
e.             Jumlah Guru 2 orang, yaitu Kepala Madrasah Bpk Syamsuddin dan Guru Bpk Sabur
f.             Hari pertama belajar tanggal 22 Juli 1996

E.     Letak MIN Bereng Benngkel
   MIN Bereng Bengkel beralamat di jalan Bereng Bengkel Kelurahan Kalampangan Kota Papangka Raya  kalimantan Tengah sekitar 12 Km ke arah utara dari kota Palangka Raya dengan batas-batas sebagai berikut   :
a. Sebelah Timur, berbatasan SMA Muhammadiyah
b. Sebelah Barat, berbatasan dengan SDN-1 kalampangan
c. Sebelah utara, berbatasan dengan Kantor Kelurahan Kalampangan
d. Sebelah Selatan, berbatasan dengan Gereja



F.  Tujuan Penulisan 
           Adapun tujuan penulisan buku Profil MIN Bereng Bengkel ini adalah   :
  1. Memberikan gambaran secara utuh tentang potensi MIN Bereng Bengkel
  2. Memberikan panduan bagi masyarakat dalam mencermati perkembangan MIN Bereng Bengkel  
  3. Menumbuhkan minat dan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi meningkatkan mutu pendidikan pada MIN Bereng Bengkel



BAB  II

PROGRAM KERJA MADRASAH

A.  Kegiatan Kepala Madrasah
        Kepala Madrasah sebagai administrator harus mengorganisasikan semua sumber daya secara efektif dan efisien sesuai dengan peraturan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari Kepala Madrasah dibantu oleh guru, pegawai tata usaha dan pegawai lain yang ada di bawah pembinaannya.
       Agar kegiatan Kepala Madrasah dapat mencapai sasaran secara optimal diperlukan adanya jadwal kerja kepala Madrasah  yang meliputi kegiatan-kegiatan rutin harian,  mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan.

1.      Kegiatan Harian
a.       Memeriksa daftar hadir guru, tenaga teknis kependidikan dan tenaga tata usaha;
b.      Mengatur dan memeriksa kegiatan 5 K di sekolah (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan);
c.       Memeriksa Rencana Program Pengajaran guru dan persiapan lainnya yang menunjang kegiatan PBM;
d.    Menyelesaikan surat-surat, menerima tamu dan menyelenggarakan pekerjaan kantor lainnya;
e.       Mengatasi hambatan-hambatan terhadap berlangsungnya PBM;
f.       Mengatasi kasus yang terjadi  pada hari itu;
g.      Memeriksa segala sesuatu menjelang sekolah itu selesai.

2.      Kegiatan Mingguan
Disamping kegiatan harian perlu dilaksanakan pula kegiatan mingguan sebagai berikut:
a.       Upacara Bendera pada hari senin dan hari-hari istimewa lainnya;
b.      Senam Kesegaran Jasmani / menari pada hari juma’at;
c.       Memeriksa agenda dan menyelesaikan surat-surat;
d.     Mengadakan rapat mingguan guna membahas jalannya pelajaran dan kasus yang belum terselesaikan untuk menjadi bahan rencana kegiatan mingguan berikutnya;
e.       Memeriksa keuangan sekolah antara lain dana DIPA,BOS,PUMK
f.       Mengatur penyediaan keperluan perlengkapan kantor atau Madrasah.

3.      Kegiatan Bulanan
·         Pada awal bulan dilakukan kegiatan antara lain:
a.  Melaksanakan kegiatan setoran dana rutin, gaji pegawai/guru, laporan bulanan, rencana keperluan belanja bulanan;
b.  Melaksanakan pemeriksaan umum terhadap antara lain:
·         Buku kelas;
·         Daftar hadir guru;
·         Kumpulan bahan evaluasi berikut analisanya;
·         Kumpulan Rencana Program  Pembelajaran;
·         Diagram pencapaian kurikulaum
·         Diagram daya serap murid/siswa;
·         Program perbaikan dan pengayaan;
·         Buku catatan pelaksanaan BP.
c.  Memberi petunjuk catatan kepada guru-guru tentang siswa yang perlu diperhatikan, kasus yang perlu diketahui dalam rangka pembinaan kegiatan siswa.
·         Pada akhir bulan dilakukan kegiatan antara lain:
a.       Penutupan buku;
b.      Pertanggungjawaban keuangan;
c.       Rapat dan atau evaluasi kegiatan pembelajaran dan lain-lain.

4.   Kegiatan Semester
            Setiap semester perlu dilaksanakan kegiatan antara lain sebagai berikut:
a.  Menyelenggarakan perbaikan alat-alat sekolah (alat kantor, alat praktek, gedung, pagar sekolah dan lain-lainnya sejauh yang diperlukan);
b.    Menyelenggarakan pengisian daftar induk siswa/buku induk siswa;
c.     Menyelenggarakan persiapan evaluasi/semester;
d.    Menyelenggarakan evaluasi kegiatan Pramuka,UKS dan ekstra kurikuler lainnya;
e.     Menyelenggarakan semesteran termasuk kegiatan:
·         Kumpulan nilai (leger);     
·         Ketetapan nilai rapor;
·         Catatan tentang siswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus;
·         Pengisian nilai semester;
·         Pembagian rapor;
· Pemberitahuan, pemanggilan orang tua siswa sejauh diperlukan untuk berkonsultasi.                              
  
5.   Kegiatan Akhir Tahun Ajaran
Setiap akhir tahun ajaran perlu dilaksanakan kegiatan tertentu dalam rangka penutupan tahun ajaran sekaligus melaksanakan kegiatan persiapan untuk tahun ajaran yang akan datang antara lain sebagai berikut:           
a.       Menyelenggarakan UANBN/UAMBN/US  
b.      Menyelenggarakan persiapan kenaikan kelas/tingkat yang meliputi:
·         Persiapan daftar nilai  (leger);
·         Penyiapan bahan-bahan untuk rapat guru;
·         Pengisian rapor
·         Rapat akhir tahun ajaran, kenaikan kelas, pembagian rapor,   penyerahan STTB dan pelepasan lulusan.                                                 

c.     Menyelenggarakan evaluasi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar  tahun pelajaran yang bersangkutan.
d.      Menyelenggarakan penyusunan rencana keuangan tahun yang akan datang .
e.      Menyelenggarakan penyusunan rencana perbaikan dan pemeliharaan Madarasah dan alat bantu pendidikan.
f.       Menyelenggarakan pembuatan laporan akhir tahun ajaran.
g.      Melaksanakan kegiatan penerimaan siswa baru yang meliputi kegiatan:
·            Penyiapan formulir dan pengumuman penerimaan siswa baru;
·             Pembentukan panitia penerimaan dan pendaftaran;                    
·             Penyusunan syarat-syarat penerimaan dan pendaftaran.

            6.   Kegiatan Awal Tahun  Pelajaran
Menetapkan rencana kegiatan Madrasah pada tahun pelajaran yang meliputi:
·             Kebutuhan guru;
·             Pembagian tugas mengajar;
·             Rencana Program Pembelajaran dan jadwal pelajran;
·             Kebutuhan buku pelajaran, buku pegangan guru;
·             Kelengkapan alat pelajaran dan bahan pelajaran;
·             Rapat guru.

            7.   Pembinaan Karier dan Kesejahteraan Pegawai
1. Membantu guru dan pelaksana TU memperoleh  kenaikan pangkat
2. Melayani hal-hal kepegawaian
3. Mengadakan pakaian dinas
4. Mengadakan THR
5. Mengadakan tunjangan lauk pauk
6. Dan lain-lain

    B .  Kegiatan Wakil Kepala  Madrasah   
Kegiatan Madrasah secara menyeluruh tercantum dalam program tahunan. Untuk mencapai hasil tersebut secara optimal, Wakil Kepala Madrasah berkewajiban untuk melakukan kegiatan yang dibagi dalam tiga tahap, yaitu:
a.    Sebelum dan pada awal tahun ajaran;
b.   Selama tahun ajaran yang terdiri dari dua semester;
c.    Menjelang akhir tahun ajaran dan waktu libur sekolah.


Secara garis besar kegiatan-kegiatan Wakil Kepala Madrasah dapat diuraikan sebagai berikut

1.  Bidang Kurikulum/Pengajaran
Wakil kepala Madrasah urusan kurikulum/pengajaran mempunyai tugas membantu kepala Madrasah  dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

a.       Menjabarkan dan menyampaikan kalender pendidikan kepada guru
b.      Menyusun pembagian tugas guru mengajar dan BK
c.       Membuat jadwal pelajaran/mengajar
d.      Menyusun dan mengatur pembagian tugas Wali Kelas
e.   Mempersiapkan dan mengatur pembuatan program pengajaran : prosem, prota, RP, analisa hasil evaluasi, pengayaan, perbaikan dan perangkat pembelajaran lainnya
f.       Mengatur pelaksanaan kegiatan MGMP guru serumpun dan anggota KKM/KKG
g.      Mengatur penyusunan kisi-kisi dan soal-soal tes sumatif
h.      Mengumpulkan/mempersiapkan soal-soal tes sumatif dan UAM/UAS
i.        Mengatur pelaksanaan tes sumatif
j.       Mengatur pelaksanaan supervisi kelas oleh Kepala Madrasah dan atau guru senior/pengawas
k.      Mengatur pengisian dan pembagian raport (Laporan Pendidikan) dan kenaikan kelas
l.      Mengatur pelaksanaan penambahan pembagian jam belajar untuk siswa terhadap mata pelajaran yang dianggap sulit
m.    Melengkapi buku-buku peganggan guru dan menentukan pegangan buku-buku paket/wajib untuk siswa
n.     Mempersiapkan alat tulis untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran (kepentingan guru dan kelas)
o.     Membuat dan memperbanyak : jurnal kelas, buku leger, buku prestasi, daftar nilai, absen siswa dan data kelas
p.      Mengatur pelaksanaan membagian guru piket
q.      Mengatur pelaksanaan rapat dewan guru/koordinasi
r.        Menginventarisir guru/guru yang mengikuti pelatihan/penataran
s.       Melaksanakan tugas-tugas lain yang erat kaitannya dengan kurikulum/pengjaran
t.        Sewaktu-waktu mewakili Kepala Madrasah, bila Kepala Madrasah berhalangan
u.      Menyampaikan laporan pelaksankaan tugasnya kepada Kepala Madrasah.

2.  Bidang Kesiswaan 
     Wakil Kepala Madrasah  urusan/bidang kesiswaan mempunyai tugas membantu Kepala Madrasah   
     dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a.       Bekerja sama dengan Pelaksana TU mempersiapkan dan mengatur penerimaan siswa baru setiap awal tahun pelajaran baru
b.      Mengatur pelaksanaan Masa Orientasi/wawancara dengan orang tua siswa baru
c.       Mengarahkan dan mengendalikan siswa dalam menegakkan disiplin dan tata tertib siswa
d.   Mengatur pembinaan siswa meliputi : kepramukaan, UKS, LCT, olah raga, kesenian, upacara bendera dan SKJ
e.     Bekerjasama dengan bagian Humas mengatur pelaksanaan kegiatan keagamaan, hari-hari besar Islam, Nasional dan perpisahan siswa
f.       Mempersiapkan/mengatur personil/petugas apel senin bagi siswa
g.    Mengatur pelaksanaan 6 K (Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Keindahan, Kerindangan dan Kekeluargaan)
h.      Mengkoordinir kerja bakti siswa
i.        Menyampaikan pengumuman/edaran kepada siswa
j.        Mengatur pemilihan siswa teladan
k.      Menyeleksi calon siswa penerima bea siswa
l.        Melaksanakan berbagai kegiatan/lomba/pertandingan antar kelas/siswa
m.    Membuat dan mengisi jurnal kegiatan siswa
n.      Melaksanakan tugas lain yang erat kaitannya dengan tugas kesiswaan
o.      Sewaktu-waktu mewakili Kepala Madrasah, bila Kepala Madrasah berhalangan
p.      Menyampaikan laporan terhadap pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Madrasah

3.  Bidang Hubungan Masyarakat        
           Bidang ini bertugas membantu Kepala Madrasah dalam kegiatan sebagai berikut :
a.       Menyampaikan pengumuman/edaran kepada guru-guru dan siswa
b.      Mengkoordinir/menyusun petugas pembina upacara pada upacara apel senin bersama wakabid kesiswaan
c.       Mempersiapkan sarana/alat perlengkapan upacara apel senin bersama wakabid sarana prasarana
d.      Membantu mengatasi/memberikan informasi pelaksanaan tata terib guru dan absen hadir guru
e.       Membina/menjalin hubungan baik dengan Komite Sekolah/orang tua murid dan masyarakat
f.       Membina/menjalin hubungan baik antara madrasah dengan sekolah-sekolah lain dan dinas instansi
g.      Mempersiapkan keikutsertaan dalam kegiatan lomba madrasah
h.      Melaksanakan bakti sosial dan karya wisata
i.        Menggalakkan Sumpa berlian (Sabtu bersih lingkungan)
j.        Melaksanakan pameran hasil pendidikan, ketrampilan madrasah
k.      Melaksanakan penerbitan brosur, pamflet, mading dan lain-lain
l.        Menyebarluaskan informasi yang diterima di bidang pendidikan dan pengelolaan madrasah
m.    Mengatur/melaksanakan praktek ibadah, kultum, majlis ta’lim, MTQ, Syarhil Qur’an dan kaligrafi
n.      Merencanakan study tour/study banding ke sekolah yang bonafid/model
o.      Memberikan informasi kepada masyrakat dalam rangka meningkatkan citra MIN di masyarakat
p.      Melaksanakan tugas lain yang erat kaitannya dengan tugas kehumasan
q.      Sewaktu-waktu mewakili Kepala Madarasah, bila Kepala Madrasah berhalangan
r.        Bekerjasama dengan Instansi terkait dalam kegiatan peringatan HUT RI
s.       Merencanakan kegiatan peringatan HUT MIN Bereng Bengkel tanggal 25 Nopember yang akan datang dan seterusnya
t.        Menyampaikan laporan terhadap pelaksanaan tugas kepada Kepala Madrasah.



      4.  Bidang  Sarana dan Prasarana
          Wakil Kepala Madrasah Urusan Sarana dan Prasarana mempunyai tugas membantu Kepala  
          Madrasah dalam kegiatan – kegiatan sebagai berikut :
     a.       Bekerja sama dengan Pelaksana TU merencanakan sarana dan prasarana kantor/alat pelajaran
     b.      Mempersiapkan papan data sekolah yang perlu didindingkan
     c.       Menginventarisir peralatan/alat pelajaran yang perlu diperbaharui/diperbaiki
     d.      Mengelola alat-alat pelajaran
     e.       Mengelola perawatan, perbaikan dan pengawasan terhadap sarana/prasarana yang ada
     f.       Membuat jurnal dan kapling kerja bakti per kelas
     g.    Mengusahakan tersedianya peralatan kerja bakti, buku catatan inventaris peralatan dan
           pemeliharaannya
     h.      Mengadakan pengawasan terhadap pelaksanaan kebersihan dan keindahan halaman, ruang kelas,
           ruang guru dan lain-lain
     i.        Mengatur taman sekolah dan tata keindahan lingkungan madrasah
    j.         Mengatur pemeliharaan barang/penangung jawab barang diruang guru, mushalla, UKS, Pramuka,
          Laboratorium dan lain-lain
    k.      Mendayagunakan/mengtur ruang guru, ruang laboratorium, perpustakaan, UKS, Pramuka dan 
          lain-lain
    l.       Melaksanakan tugas lainnya yang erat kaitannya dengan tugas sarana/prasarana
    m.    Sewaktu-waktu mewakili Kepala Madrsah, bila Kepala Madrasah berhalangan
    n.      Menyampaikan laporan terhadap pelaksanaan tugasnya kepada Kepala Madrasah

   C. Kegiatan Guru
          a.    Membuat program pengajaran(rencana kegiatan belajar mengajar semester/tahunan dll);
          b.      Melaksanakan kegiatan belajar mengajar;
          c.      Melaksanakan kegiatan penilaian belajar (semester/tahunan);
          d.      Mengadakan pengembangan setiap bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya;
          e.       Meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran;
          f.       Membuat dan menyusun lembar kerja (job sheet) untuk mata pelajaran yang memerlukan lembar 
                kerja;
          g.      Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar masing–masing siswa;
          h.      Mengatur kebersihan ruang tempat praktek, pengembalian alat pinjaman, pemeliharaaan dan 
                keamanan sarana praktek;
          i.        Memeriksa apakah siswa sudah faham benar akan cara penggunaan masing – masing  peralatannya 
                untuk menghindari terjadinya kerusakan dan kecelakaan;
          j.       Mengadakan pemeriksaan, pemeliharaan dan pengawasan kebersihan masing – masing kelas dan alat-
                alat praktek lainnya pada setiap akhir pelajaran.

       Disamping tugas pokok tersebut, guru yang ditunjuk Kepala Sekolah untuk membantu dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di sekolah, sebagai berikut :

  D.  Kegiatan  Wali Kelas
           Wali Kelas membantu Kepala Madrasah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a.   Penyelenggaraan administrasi kelas yang meliputi :
·         denah tempat duduk siswa;
·         papan absensi siswa;
·         daftar pelajaran kelas;
·         daftar piket kelas;
·         buku absensi siswa;
·         buku kegiatan belajar mengajar;
b.      Menjaga dan mengupayakan kelancaran proses belajar mengajar di kelas.
c.   Mengisi buku absensi siswa/daftar hadir, jurnal kelas, buku raport, buku nilai (leger), catatan harian dan catatan peristiwa (kegiatan siswa).
d.    Mengadakan/mengatur ketertiban dan keindahan serta memelihara kebersihan ruangan/halaman kelas (baik didalam/diluar kelas sesuai batas kelas masing-masing dalam rangka mewujudkan 5 K).
e.    Mengkoordinasikan kegiatan siswa (intra maupun ekstra kurikuler), membentuk kepengurusan kelas, piket, kebersihan dan kelompok belajar dalam rangka peningkatan prestasi siswa.
f.      Mengadakan bimbingan dan penyuluhan (bertindak sebagai konselor) terhadap siswanya dalam membantu / memotivasi siswa guna meningkatkan dan  mengembangkan kesanggupan belajar seoptimal mungkin.
g.   Turut mengatasi siswa yang bermasalah dan berupaya mencarikan jalan keluarnya (solusinya) serta menjalin hubungan baik sesama guru dan orang tua/wali siswa.
h.     Menyalurkan bakat dan minat serta kreativitas siswa yang positif untuk dibina dan 
      dikembangkan.
i.     Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Madrasah.
                  j.    Penyusunan/pembuatan statistik bulanan siswa
            k.   Mengisi daftar nilai siswa
            l.    Pengisian buku laporan pendidikan ( rapotr );
           m.   Pembagian buku laporan pendidikan ( rapotr ). 
           n.      Secara berkala melaporkan hasil kegiatannya (pelaksanaan tugasnya) kepada Kepala Madrasah.

   E.   Kegiatan  Pengelola  Perpustakaan Madrasah      
          Pelaksana perpustakaan Maadrasah membantu kepala madrasah dalam kegiatan-kegiatan:
a.       Inventarisasi sarana perpustakaan yang ada;
b.      Menyiapkan ruang baca perpustakaan;
c.       Melaksanakan penerimaan anggota perpustakaan;
d.      Membuat Kartu Anggota perpustakaan;
e.       Membuka dan memberikan pelayanan yang terprogram secara berkesinambungan;
f.       Mengusahakan dengan optimal guna menarik minat/perhatian siswa dalam menjadikan perpustakaan sebagai alternatif kegiatan belajar siswa di madrasah;
g.      Memperhatikan dan mengatur sarana perpustakaan dengan baik;
h.      Pengawasan dalam setiap pelayanan dengan baik;
i.        Membuat usulan kepada Kepala Sekolah dan mengusahakan pengadaan buku perpustakaan;
j.        Menindaklanjuti setiap buku perpustakaan yang hilang/rusak dengan bijaksana;
k.      Mengadakan penilaian terhadap anggota perpustakaan sekolah terbaik dalam setiap semester; 
l.        Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan sekolah secara berkala kepada Kepala Madrasah.  
    F.  Pelaksana Kegiatan Keagamaan / Urusan PHBI 
         Urusan PHBI/Keagamaan bertugas membantu Kepala Madrasah dalam   melaksanakan kegiatan
         kegiatan: 
         a.       Menyusun program kegiatan praktek keagamaan/ibadah siswa; 
         b.      Membuat rencana program kegiatan pada hari-hari besar Islam di madrasah; 
         c.       Melaksanakan program kegiatan keagamaan pada hari-hari besar Islam sesuai dengan situasi dan 
               kondisi madrasah; 
        d.        Bertanggung jawab dalam setiap kegiatan praktek ibadah/keagamaan termasuk pada hari-hari 
               besar Islam lainnya; 
         e.       Dalam menetapkan kegiatan didasari koordinasi yang baik sehingga semua unsur yang terkait 
               merasa ikut bertanggung jawab; 
         f.       Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan keagamaan dengan baik secara berkala.

   G.  Pelaksana Tata Usaha Madrasah 
         a. Menyusun program tata usaha madrasah
         b. Pengurusan pegawai dan surat menyurat
         c. Mengangginda surat masuk dan keluar
         d. Mengarsipkan surat masuk dan keluar
         e. Penyusunan dan penyajian data/statistik Madrasah
         f.  Penyusunan laporan bulanan kepada pihak terkait
         g. Membuat dan mengirim surat menyurat
         h. Membantu kepala Madrasah dalam menyelesaikan administrasi Madrasah

   H Bendahara Madrasah
         Bendahara Madrasah membantu Kepala Madrasah dalam kegiatan-kegiatan sebagai  berikut   :
 a.       Menerima Dana Bantuan Operasional pendidikan dari pemerintah
 b.      Menyimpan dan mengamankan uang madrasah;
 c.       Mengeluarkan uang sekolah untuk keperluan madrasah seperti membayar gaji/ Honor Guru / 
       Pegawai, biaya keperluan perlengkapan opersional pendidikan, keperluan sarana prasarana dll, 
       melalui persetujuan kepala Madrasah/Ketua Komite Madrasah.
d.      Membuat laporan keuangan secara berkala (bulanan,triwulan )
e.       Membuat pertanggungjawaban keuangan Madrasah  pada akhir tahun pelajaran       

   I.  Penjaga Madrasah
       a.    Membuka dan menutup pintu serta membersihkan ruang kantor, ruang kelas dan  lain-lain
       b.    Membantu Kepala Madrasah, Guru dan Pelaksana TU bila diperlukan

   J. Petugas  keamanan ( Satpam )
       a.    Menjaga keamanan, ketertiban,kebersihan, keindahan  lingkungan Madrasah
       b.    Membantu Kepala Madrasah, Guru dan TU bila diperlukan
       c.    Membantu setiap kegiatan Madrasah


   K. Faktor-Faktor Internal dan Eksternal

        1. Faktor Internal  
            Kekuatan   : 
            a.       Lokasi Madrasah sangat strategis, karena berada di tengah pemukiman penduduk 
            b.      Sarana prasarana  cukup memadai 
            c.       Ketenagaan cukup dan memenuhi kualifikasi pendidikan 
            d.      Mempunyai dukungan dari pihak komite/orang tua siswa dan masyarakat sekitar. 
            e.       Dana operasional dan pemeliharaan gedung cukup mamadai.

      Kelemahan   :
   a.   Status tanah masih pinjam
   b.   Belum adanya pagar pengaman
   c.   Tenaga Guru masih ada yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya
   d.   Disiplin dan transparansi kerja sebagian tenaga pendidik masih kurang.


  2. Faktor Eksternal

   Peluang

   a.       Lulusan RA/TK cukup banyak
   b.      Dukungan Pemerintah dan masyarakat sekitar cukup baik
   c.       Pelatihan dan pendidikan untuk tenaga guru dan TU sangat terbuka
   d.      Biaya Operasional Penddidikan Cukup mamadai


   Ancaman

  a.       Letak MIN Bereng Bengkel berseberangan dengan SDN , sehingga kompetisi sangat ketat
  b.      Sebagian masyarakat  beranggapan bahwa pelajaran di madrasah terlalu sulit,sehingga mereka
        enggan menyekolahkan anaknya di MIN Bereng Bengkel.
  c.       Kesetaraan MI dengan SD belum dipahami oleh masyarakat secara merata





BAB  III
INFORMASI DATA
        
     A.  KEADAAN GURU DAN PEGAWAI TATA USAHA TAHUN 2012/2013
 
No.
Nama/NIP
Gol. Ruang
Negeri/ Honorer
Jabatan/ Mata Pelajaran yang diajarkan
Ijazah terakhir
TMT bertugas di Madrasah
Ket.
1
2
3
4
5
6
7
8
1.


2.


3.


4.


5.


6.


7.


8.


 
9.


10.


11.


12.


13.


14.


15.


16.
17.

18.

19.

20.

21.

22.



Aliansyah, S.Pd.I
19641114 198703 1 001

Tugimah, S.Pd.I
19670914 199703 2 003


H. Rafi’i, S.Ag
19761121 200501 1 004


Rahmadi Effendi,S.Pd.I
19730314 199903 1 002


Ernawati, S.Ag
19751014 200901 2 001


Nurhasanah, A.Ma
19790205 200212 2 002

Arbainah, A.Ma
19780617 200312 2 005


M. Taufik Aidi, A.Ma
19751206 200501 1 007


Khairun Nasihin, A.Ma
19720725 200701 1 034

Eko Permadi, A.Ma
19780228 200710 1 004


Pardiansyah, A.Ma
19820605 200710 1 001


M. Suhaimi, A.Ma
19820527 200710 1 004


Melly Astuti
19790606 200710 2 008


Imam Sholehin, S.Ag
19720401 200804 1 024


Ida Rosidah, S.Pd
19811104 200501 2 005


St. Misbah, S.Pd.I
M.Husaini, S.Pd

Misiyati, S.Pd

Khoirotul Laila, S.Pd.I

Rudy Heriyanto, A.Ma

Hariadi
-
Kadar
IV/a


III/d


III/c


III/a


III/a


III/a


III/b


II/d


III/a


II/b


II/b


II/b


II/b


III/a


III/a


-

II/b

-

-

II/b

-

-

Negeri


Negeri


Negeri


Negeri


Negeri


Negeri


Negeri


Negeri


Negeri


Negeri


Negeri


Negeri


Negeri


Negeri

 
Negeri


Honorer

Negeri

Honorer

Honorer

Negeri

Honorer

Honorer

Kepala / Q.Hadits


Guru kelas II


Wakamad Pengajaran
Guru Fiqih, PPI
Guru Matematika
Bendahara Rutin


Wali Kelas I


Wali Kelas I


Wali kelas II


 
Wali Kelas I B/B.Ind, PKn, SBK, dll
.

Wali Kelas III/b
Guru/IPA, B.Ind, Fiqih.
Wakamad Kesiswaan
Guru PKn

Wali Kelas IV/ Bhs Arab
Qur’an Hadits

Guru Akidah Akhlak,
PPI dan BTA
Wali Kelas I a

Wali kelas III/a
Guru Penjaskes

 
Wali kelas IV/a
Guru IPS

Guru Kelas I

Pelaksana TU

Guru Kelas II

Guru Bhs. Inggris

Guru Bahasa Indonesia
Satpam

Penjaga Sekolah

S-1 STAIN


D-2 IAIN


D-2 IAIN


S- 1 STAIN


S-1 STAIN


D-2 STAIN


D-2 STAIN


S-1 UMP



D-2 IAIN


S-1 UNPAR


D-2 STAIN


D-2 STAIN


S-1 UNPAR


S-1 STAIN


S-1 UMP


S-1 STAIN

S-1 UNPAR

S-1 STAIN

S-1 STAIN

S-1 STAIN

SMA

SMA
08-01-2008


01-03-1997


20-06-2007


02-01-2009


01-05-2006


01-06-2003


01-03-2004


01-04-2005


01-02-2009


01-07-2009


01-03-2004


01-09-2004


01-10-2009


01-03-2010


01-04-2005


15-07-2006

01-08-2009

02-07-2006

01-11-2010

01-12-2009

01-01-2005

01-01-2005




    B.  KEADAAN SISWA  TAHUN PELAJARAN 2012/2013

No.
Kelas
Kelompok Belajar
Siswa Bulan Lalu
Mutasi
Siswa Bulan Ini
Masuk
Keluar
Lk
Pr
Jml
Lk
Pr
Jml
Lk
Pr
Jml
Lk
Pr
Jml
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
1.
2.
3.
4.
5.
6.
I
II
III
IV
V
VI
2
1
2
2
2
1
29
14
28
21
11
16
25
20
25
19
8
10
54
34
53
40
19
26
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
29
14
28
21
11
16
25
20
25
19
8
10
54
34
53
40
19
26
-
-
9
119
107
226
-
-
-
-
-
-
119
107
226
 




C. PERIODESASI  KEPALA MIN BERENG BENGKEL


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar